Cara Kalibrasi Baterai Laptop

cara kalibrasi baterai laptop 2019

Daya tahan baterai laptop menurun seiring waktu. Penggunaannya seberapa sering Anda mengisi daya, berapa lama mengisi daya, semuanya mempengaruhi masa pakainya. Sudah biasa melihat daya tahan baterai semakin kurang setiap waktunya.

Sementara Windows tidak menunjukkan perkiraan masa pakai baterai pada laptop, baik yang tersisa, dan waktu untuk mengisi daya, dari waktu ke waktu perangkat lunak mungkin menjadi bingung karena siklus pengisian yang tidak merata.

Karena itulah disarankan untuk terus mengisi daya antara persentase baterai yang sama untuk memastikan kapasitas baterai, dan masa pakai. Dalam postingan ini, kita akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat secara manual mengalibrasi Baterai laptop Windows untuk meningkatkan masa pakainya.

Catatan: Terkadang, OEM menawarkan perangkat lunak yang dapat membantu Anda melakukannya. Periksa dengan perangkat lunak driver atau perangkat lunak OEM pada laptop Anda untuk hal yang sama.

cara kalibrasi baterai laptop

Cara Kalibrasi Baterai laptop 2019 PASTI SUKSES

1.] Buka pengaturan Manajemen daya laptop Anda di Control Panel. Buka Pengaturan> Daya & tidur > Pengaturan daya tambahan> Ubah pengaturan paket> Ubah pengaturan daya lanjutan.

Anda juga dapat mengklik ikon Baterai> Pengaturan Baterai dan kemudian mengikuti dari sana.

2.] Selanjutnya akan membuka Kotak Opsi Daya di mana pengaturan individual untuk baterai dapat dikonfigurasi.

3.] Sekarang pergi ke bagian Baterai dari kotak opsi Power, dan kemudian di bawah nya

Klik pada Tindakan Baterai Kritis dan atur ke Hibernate.

Selanjutnya, klik Level Baterai Kritis dan atur ke 5% atau bahkan lebih rendah.

4.] Isi daya baterai laptop Anda hingga 100% dan tetap terhubung selama dua jam ke depan. Satu-satunya alasan Anda perlu melakukan ini adalah untuk memastikan baterai berada pada suhu reguler yang sebaliknya sedikit panas selama pengisian. Meskipun Anda dapat menggunakannya, saya sarankan untuk tidak melakukannya kecuali Anda tidak punya pilihan.

5.] Cabut pengisi daya dari laptop dan biarkan keluar sampai hibernasi secara otomatis. Itu akan terjadi tepat ketika ada 5% baterai yang tersisa seperti yang kita konfigurasikan di atas.

Jika Anda tidak menggunakan laptop saat dicabut, laptop akan masuk ke mode hibernate atau sleep. Pastikan untuk menonaktifkan pengaturan tidur, mematikan layar dan hibernasi menjadi tidak pernah.

6.] Biarkan laptop Anda selama mungkin. Ketika tidak ada baterai yang tersisa, komputer akan mati secara otomatis.

7.] Sekarang pasang kembali pengisi daya dan isi ulang hingga 100% lagi.

8.] Pastikan untuk mengembalikan pengaturan default kembali ke normal setelah semuanya selesai. Klik adonan lagi, kembali ke pengaturan daya, dan kali ini klik pada pengaturan Daya dan Tidur untuk mengkonfigurasi semuanya kembali normal.

Kami sarankan Anda melakukan ini setiap dua bulan untuk memastikan baterai Anda berkinerja lebih baik seiring waktu. Ingat, Anda tidak perlu mengkalibrasi ulang baterai Anda beberapa kali, sekali sudah lebih dari cukup!