Urutan Processor Intel

Sulit dipercaya 15 tahun telah berlalu sejak saya menguji seri Pentium 4 untuk pertama kalinya. Pada titik ini saya jujur ‚Äč‚Äčtidak ingat banyak pengalaman saya dengan kisaran P4.

Enam tahun setelah Pentium 4, kami meninjau prosesor Core 2 Duo generasi pertama dengan jajaran dual-core E6000 dan kemudian model quad-core setahun kemudian.

Sampai hari ini Core 2 Quad Q6600 mungkin merupakan prosesor penggila paling populer yang pernah kita lihat. Faktanya, hampir semua chip Core 2 Duo dan Core 2 Quad terkenal sebagai overclocker yang baik dan banyak pengguna masih mengklaim menjalankan prosesor LGA775 yang di-overclock.

Pertama-tama, banyak orang berpikir bahwa Core i3, i5 dan i7 adalah generasi prosesor. Ini adalah model atau merek prosesor dari Intel.

Berikut ini Urutan Processor Intel Terbaru

Saya akan menulis artikel lain tentang ini nanti karena membutuhkan banyak diskusi. Biarkan saya daftar semua model prosesor utama yang dirilis oleh Intel.

  • Pentium 1, 2, 3, 4
  • Celeron
  • Pentium M dan Celeron M untuk perangkat seluler
  • Pentium Dual Core
  • Inti Solo
  • Core Duo
  • Core 2 Duo
  • Core 2 Quad
  • Core i3, i5, i7

Konsep generasi terutama muncul setelah dirilisnya seri Core i. Perbedaan dalam arsitektur mikro prosesor adalah perbedaan utama dalam generasi prosesor. Kita akan membahas tentang generasi-generasi ini secara terperinci di bawah ini.

Generasi Prosesor Intel

Generasi prosesor Intel hanya memiliki set fitur yang ditingkatkan dan kecepatan daripada generasi sebelumnya. Mari kita bahas setiap generasi secara terpisah.

Prosesor Intel Generasi 1 – Nehalem

Nehalem adalah mikro-arsitektur prosesor Intel yang merupakan penerus arsitektur Core awal yang memiliki keterbatasan tertentu seperti ketidakmampuan untuk meningkatkan kecepatan clock, pipa tidak efisien dll.

Nehalem menggunakan proses 45 nanometer dibandingkan dengan 65nm atau 90nm yang digunakan oleh arsitektur sebelumnya. Nehalem memperkenalkan kembali teknologi hyper-threading yang ditinggalkan terutama pada model prosesor Core i3 awal.

Prosesor Nehalem memiliki cache L1 64 KB, cache L2 256 KB per core dan cache L3 4 MB hingga 12 MB yang digunakan bersama dengan semua core prosesor.

Prosesor Intel Generasi ke 2 – Sandy Bridge

Arsitektur mikro Sandy Bridge diperkenalkan pada tahun 2011 untuk menggantikan arsitektur Nehalem. Sandy Bridge menggunakan proses 32 nanometer dibandingkan dengan 45 nm yang digunakan di Nehalem. Peningkatan kinerja rata-rata prosesor Sandy Bridge dibandingkan dengan Nehalem adalah sekitar 11,3%.

Sandy Bridge menggunakan cache L1 64 KB dan 256 KB per core yang sama untuk cache L2 tetapi perbedaannya ada pada cache L3. Biasanya cache L3 prosesor Sandy Bridge adalah dari 1MB hingga 8 MB. Untuk prosesor ekstrem, dari 10 MB hingga 15 MB.

Prosesor Intel Generasi ke-3 – Ivy Bridge

Prosesor Ivy Bridge lebih cepat dari prosesor Sandy Bridge dan menggunakan proses 22 nanometer dibandingkan dengan 32 nm yang digunakan di Sandy Bridge. Model prosesor ini mengkonsumsi energi hingga 50% lebih sedikit dan akan memberikan peningkatan kinerja 25% hingga 68% dibandingkan dengan prosesor Sandy Bridge.

Satu-satunya masalah dengan prosesor Ivy Bridge adalah bahwa mereka dapat memancarkan lebih banyak panas dibandingkan dengan prosesor Sandy Bridge.

Urutan Processor Intel lengkap

Prosesor Intel Generasi ke-4 – Haswell

Haswell adalah prosesor generasi terbaru yang dirilis oleh Intel. Ia menggunakan proses 22 nm yang sama seperti Ivy Bridge. Peningkatan kinerja Haswell dibandingkan dengan jembatan Ivy adalah dari 3% menjadi 8%. Haswell membawa banyak fitur dari Ivy Bridge dengan beberapa fitur baru yang sangat menarik seperti dukungan untuk soket baru (LGA 1150, BGA 1364, LGA 2011-3), teknologi DDR4, desain cache yang sepenuhnya baru, dll.

Manfaat utama Haswell adalah dapat digunakan pada perangkat ultra portabel karena konsumsi dayanya yang rendah.

Generasi selanjutnya

Setelah Haswell, Intel bekerja pada arsitektur 14 nm dan 10 nm yang dinamai Skylate. Skylate akan memiliki dukungan untuk PCIe 4.0, DDR4 SD RAM, SATA express, dan ekstensi vektor lanjutan 2.2.